Langsung ke konten utama

mau mulai bisnis baca ini dulu

Langkah Awal Dengan Bisnis Plan
Ada satu satu hal penting dalam membuat usaha yang harus kita perhatikan, yaitu dalam membuat bisnis plan. Di mana bisnis plan di sini merupakan gambaran rancangan secara tertulis mengenai usaha kita, bagaimana usaha yang dijalani itu, seperti apa rencananya dan pengembangannya bagaimana. Bisnis plan ini sangat dibutuhkan ketika para pebisnis ingin mencari investor atau pinjaman. Para investor atau lembaga keuangan pemberi pinjaman tentunya ingin mengetahui seperti apa usaha yang sedang berjalan tersebut. Di mana mereka dapat menilai kualifikasi dari bisnis ini sendiri. Seperti apa bisnis ini akan berjalan, dan dalam jangka berapa lama pula bisnis ini dapat bertahan. Bisnis plan ini juga dapat menjadi dasar tertulis bagi kita untuk menjalankan usaha.  Berikut ini adalah menfaat bisnis plan sebagai panduan usaha.
  1. Agar pebisnis dapat menentukan tahapan bisnis yang akan dilakukan.
  2. Agar pebisnis dapat menentukan target bisnis yang akan dibidik.
  3. Untuk mengenal risiko usaha yang akan dihadapi.
  4. Sebagai bahan untuk mengevaluasi bisnis yang telah berjalan. Di mana enterpreneur dapat menghitung gap antara rencana dan realita yang terjadi.
Bisnis plan sendiri sebenarnya memiliki banyak jenisnya. Dari yang sangat sederhana, hingga yang paling rumit. Akan tetapi, dalam membuat bisnis plan UKM, beberapa poin berikut harus termuat dalam memebuat bisnis plan.
1. Profil Perusahaan
Profil perusahaan ini menjelaskan mengenai gambaran atau uraian singkat mengenai perusahaan. Sebelum mengetahui seperti apa bisnis yang sedang berjalan, sebagai enterprenour, hal utama yang harus dilakukan adalah mengenalkan perusahaan kita. Pada profil perusahaan ini, biasanya terdiri dari nama perusahaan; sejarah singkat berdirinya perusahaan; alamat perusahaan; bidang usaha yang dijalankan; visi misi perusahaan; pihak lain yang terkait di dalamnya, seperti pemilik modal (penanam saham).
2. Struktur Manajemen
Hampir sama seperti profil perusahaan. Dalam struktur manajemen ini, diberikan gambaran mengenai perusahaan yang sedang berdiri. Akan tetapi lebih kepada struktur perusahaan tersebut. Jabatan apa saja yang ada di dalamnya, beserta fungsinya. Sehingga tergambarkan begaimana perusahaan ini berjalan. Para investor ataupun lembaga yang menjadi sasaran untuk meminjam dana, biasanya ingin mengetahui seperti apa perusahaan ini berjalan, bagaimana proses manajerial di dalamnya. Biasanya, struktur manajemen berisi: stuktur organisasi dan pemegang jabatan; gambaran singkat mengenai fungsi dari tiap jabatan; jumlah SDM di dalamnya; serta pola pengawasan manajerialnya.
3. Reputasi dan Pengalaman Pengelola
Reputasi dan pengalaman dari pemilik perusaan atau pengelola sangat penting. Pengelola ini terdiri dari Manajerial beserta timnya. Di mana gambaran kulafikasi dan track record ini sangat penting untuk mendapat kepercayaan clien. Orang-orang seperti apakah yang mereka percayai untuk mengelola saham mereka di perusahaan. Biasanya bagian ini terdiri dari:
  • Latar Belakang Pendidikan
  • Pengalaman Kerja,
  • Pengalaman Mengikuti Pelatihan yang Terkait,
  • Daftar Keahlian Khusus,
  • Penghargaan-Penghargaan,
  • Dan lain sebagainya.
4. Pasar dan Strategi Pemasaran
Para pemberi dana, biasanya ingin mengetahui pasaran yang diincar oleh para enterprenour ini. Siapa sajakah pasar yang sedang dibidik dan bagaimana strategi dalam pemasaran yang akan dilakukan.
5. Program Perusahaan
Program perusahaan di sini adalah program jangka pendek dan panjang. Jangka pendek di sini adalah program bulanan yang pasti akan dilakukan. Selain itu juga ada program jangka panjang yang merupakan targetan yang diincar oleh perusahaan.
6. Legalitas Usaha
Legalitas Usaha sangat penting dalam membuka usaha. Perusahaan yang dianggap sehat adalah perusahaan yang tidak memiliki masalah hukum, atau ke depannya bisa bermasalah dengan hukum. Legalitas usaha ini sangat penting bagi kenyamanan keberlangsungan usaha. Selain itu, legalitas adalah hal pokok (utama), yang harus ada ketika Anda meminjam uang kepada lembaga keuangan, terutama pada bank.
Analisis SWOT
Sebelum membuat bisnis plan, cobalah menganalisa terlebih dahulu perusahaan, dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT sendiri merupakan metode perencanaan untuk menganalisis perusahaan ketika akan menjalankan bisnis atau proyek, yang terdiri dari kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threatment) yang bisa kita jadikan dasar sebelum membuat bisnis plan. Analisis SWOT sendiri dapat dibagi lagi menjadi,
Analisis Internal Perusahaan
a. Kekuatan
Coba lihat kekuatan perusahaan. Kembangkanlah kekuatan ini, dan jadikan senjata untuk memajukan perusahaan. Kekuatan bisa jadi SDM yang berkualitas, produk, atau pasar. Di mana kekuatan ini harus benar-benar diperhatikan, dan ditonjolkan dalam membuat bisnis plan.
b. Kelemahan
Kelemahan perusahaan di sini adalah hal-hal yang dapat mengancam stabilitas dan berjalannya perusahaan. Untuk itu, kelemahan perusahaan harus segera dicari cara untuk menanggulanginya, sehingga tidak berdampak buruk bagi perusahaan nantinya. Pada bisnis plan, sebaiknya kelemahan tidak dijelaskan. Jika ingin dijabarkan, maka berikan cara yang akan dilakukan untuk mengantisipasi atau mengurangi kelemahan tersebut.
Analisis Eksternal Perusahaan
a. Peluang
Peluang di sini biasanya berkaitan dengan pasar dan sasaran bisnis. Di mana seorang pebisnis harus pintar dan cerdik dalam menangkap peluang yang ada.
b. Ancaman
Dalam membuat usaha, pasti akan ada banyak ancaman yang akan datang, salah satunya dari saingan bisnis atau keadaan ekonomi negara yang bisa berdampak pada kelangsungan perusahaan. Seorang pebisnis di sini harus cermat dan cerdik dalam menanggulangi ancaman tersebut.
Analisis SWOT selain sangat berguna untuk membantu membuat rancangan bisnis plan, juga akan sangat bermanfaat bagi menjaga kelangsungan perusahaan. Maka, cermatilah dan segera buat perencanaan untuk menanggulangi hal-hal yang dapat merugikan perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Cerita Horor Jepang Yang Melegenda

10 Legenda horor jepang Setiap negara memiliki legenda urbannya masing-masing. Indonesia dengan cerita jelangkung dan kuntilanaknya, Amerika dengan Bloody Mary-nya, dan masih banyak lagi cerita-cerita menyeramkan yang beredar secara turun-temurun. Jepang juga terkenal memiliki legenda urban yang menyeramkan. Mulai dari sosok hantu yang ingin balas dendam, tempat-tempat angker, puisi kematian, hingga makhluk yang menyeramkan. Berikut ini adalah beberapa kisah legenda urban dari Jepang yang masih populer hingga kini. Berani membukanya? 1. Hanako-san  Bisa dibilang kisah Hanako-san adalah kisah yang paling populer di antara legenda urban lainnya di Jepang. Hanako adalah sosok hantu perempuan yang biasanya menghantui toilet perempuan di sekolah. Hanako-san bisa 'dipanggil' dengan mengetuk pintu toilet tiga kali sambil bertanya "Apakah kamu di sini, Hanako-san"?. Jika ada jawaban dengan suara misterius, maka dalam bilik toilet akan muncul seorang gadis dengan rok ...

Lanjut Busana Aneh Artis Holywood

7 Busana Red Karpet Artis Holywood Yang  Serasa Aneh Tahun ini, panitia Grammy Awards menerapkan kebijakan yang cukup ketat. Atas berbagai pertimbangan, semua yang datang ke ajang ini harus menggunakan pakaian yang sopan. " Pastikan daerah tubuh yang 'terlarang' tertutup dengan baik sehingga tidak ada penampakan atau terlihat menonjol. Silahkan hindari pemakaian merk produk pada pakaian ," demikian kutipan aturan yang dikirim panitia lewat e-mail. Aturan ini jelas akan mengubah total kemasan acara ini. Pasalnya, artis-artis yang selama ini menghadiri Grammy Awards selalu berlomba-lomba untuk tampil seksi dan menarik perhatian. 1. Toni Braxton  Penampilan red carpet Toni Braxton saat Grammy Awards 2001 memang membuat publik terpana. Bagaimana tidak, penyanyi 45 tahun ini mengenakan busana putih super seksi, yang hampir memperlihatkan semua tubuhnya. Untungnya, penampilan pelantun  He Wasn't Man Enough  ini tak sekedar pamer seksi. Dia berhasil...

Modifikasi Motor Yamaha Mio

Modikasi Mio Menjadi Motor Keren Liat  Contoh Gambar Ini Motor matic di indonesia identik dengan motor untuk  kaum perempuan sering kita lihat dijalan stiker yang isinya ga jelas tentang motor omponglah,Motor banci,dsb.Tentu anda yang mempunyai motor matic dirumah tak ingin dibilang seperti itu kan,Untuk itu sudara ingin merubah merombak atau memodifkasi  motor liat dan perhatikan gambar-gambar dibawah ini,Menambah imajinasi kamu untuk merubah motor matic anda. Foto-foto Modifikasi Motor Yamaha Mio Motor Yamaha Mio warna merah hitam Motor Yamaha Mio merah Motor Yamaha Mio dengan warna putih Motor Yamaha Mio warna hitam Motor Yamaha Mio ceper matic Motor Yamaha Mio warna putih unik Motor Yamaha Mio sporty putih Motor Yamaha Mio konsep elegan Motor Yamaha Mio  hitam putih Motor Yamaha Mio design ala barat Motor Yamaha Mio warna hijau Motor Yamaha Mio ala moge merah Motor Yamaha Mio gokil...